M.11. Pilar-Pilar Kebangkitan Umat

M.11. Pilar-Pilar Kebangkitan UmatUmat Islam akan mengalami kebangkitan kembali apabila yang dilakukan dapat mencapai dan menegakkan pilar-pilar kebangkitan.

Pilar – Pilar Kebangkitan
1. Kebangkitan ruhiyah

Kebangkitan ruhiyah dicapai dengan membangun mentalitas umat melalui pembinaan aqidah yang benar. Ruhiyah merupakan aspek terpenting dan paling fundamental bagi kebangkitan umat. Karena itu ia harus mendapatkan skala prioritas dalam usaha meraih kejayaan kembali. Rasulullah saw. mengatakan bahwa di dalam jasad ada segumpal daging yang apabila baik maka baiklah seluruh jasad dan apabila ia rusak, akan rusaklah seluruh jasad. Segumpal daging itu adalah hati. Di dalam hatilah bersemayam ruh, inilah yang harus disiram agar segar mewangi bumi.

2. Kebangkitan Fikrah

Kebangkitan fikrah meliputi segala aspek intelektual umat. Untuk meraih kejayaannya kembali mereka harus mengejar ketertinggalan di bidang ilmu pengetahuan. Mereka harus tekun belajar, baik pengetahuan tentang agamanya maupun ilmu-ilmu dunia.

3. Penguasaan Teoritis

Ketergantungan umat pada non muslim dalam bidang pengetahuan dan teknologi menyebabkan mereka tetap terjajah secara intelektual. Untuk itu maka umat harus memiliki penguasaan teori-metodologi terhadap konsep-konsep dan filosofi ilmu di setiap ranah pengetahuan. Upaya ini harus mendapat perhatian khusus. Agenda ini adalah kerja besar demi mencapai kebangkitan umat, hingga ada di antara mereka yang memiliki spesifikasi di berbagai bidang .

4. Pemahaman lapangan

Di samping penguasaan teori dan konsepsi, umat juga harus memiliki pemahaman lapangan yang baik melalui pengalaman-pengalaman dan praktek yang mereka lakukan.

5. Menyusun langkah

Apabila aspek-aspek kebangkitan di atas telah terpenuhi, selanjutnya kaum muslimin dituntut untuk bisa melakukan perencanaan yang baik dengan menyusun langkah-langkah strategis nan terstruktur bagi pencapaian tujuan.
Kebenaran yang tidak tersusun rapi akan dikalahkan oleh kebathilan yang ditata dengan rapi.

6. Struktur yang kokoh

Struktur yang kokoh akan memungkinkan tercapainya pengorganisasian potensi dan kerja yang maksimal. Semua gerak amal ini akan dipelopori oleh karakah yang memandu kebangkitannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s