M.8. Beradaptasi Dengan Islam

M.8. Bagaimana Beradaptasi dengan IslamKeislaman seseorang baru dikatakan benar jika ia telah menyesuaikan dirinya dengan Islam hingga ia tampil sebagai seorang muslim dengan kepribadian dan identitas Islam yang khas. Kepribadian tersebut terefleksikan dalam berbagai maliyah.

1. Aqidah

Aqidah Islam yang tertanam di dalam jiwa akan mewarnai keyakinan, perasaan, pikiran, dan tingkah laku. Maka, lahirlah seorang pribadi yang Islami. Kepribadian Islam adalah unsur utam kekuatan personal Islam.

2. Ukhuwwah

Persaudaraan iman dapat dikatakan telah tercapai apabila mereka: saling mengenal, saling memahami, merasa senasib-sepenanggungan, lantas beramal jama’i. Apabila keempat hal tersebut dilakukan, akan terwujudlah kekuatasn jamaah. Setiap muslim adalah potensi Islam dan kaum muslimin. Ia akan memberikan kontribusi kepada Islam dengan kekuatan jiwa dan kepribadiannya. Di samping itu, ia akan memperbanyak jumlah kaum muslimin.

3. Materi

Pemenuhan aspek ini dengan menunaikan zakat, infak, shadaqah, mengisi kotak amal, dan lain-lain. Harta yang mereka infakkan di jalan Islam akan menjadi kekuatan materi bagi Islam terutama kekuatan finansial.

Apabila penyesuaian tersebut telah dilakukan,selanjutnya setiap muslim harus beradaptasi, menyesuaikan diri untuk senantiasa mampu bergerak Islami. Sebab Islam selalu bergerak dinamis sehingga ia pun dituntut untuk bergerak seiring dengannya.

Semangat yang harus dibangun dalam gerak itu adalah dalam rangka untuk beribadah kepada Allah dan merealisasikan keimanan dalam wujud amal nyata. Iman yang benar harus memenuhi tiga aspek yaitu secara jujur mengakui dengan hati, mengikrarkannya dengan lisan, dan mengamalkannya dengan seluruh anggota badan.

Pengakuan hati akan melahirkan kekuatan untuk melakukan perlawanan, pernyataan lisan akan melahirkan pengaruh, sedangkan amal nyata akan mendatangkan hasil yang baik nan produktif.

Pengakuan dan pembenaran yang demikian itulah yang memberikan kedudukan tinggi dan mulia di dunia dan akhirat seperti yang Allah janjikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s