K.4. Perubahan Islami

K.4. Perubahan IslamiMasyarakat Islam adalah masyarakat yang dengan keislamannya menjadi khas. Apa dan bagaimanapun latar belakang mereka sebelum Islam, semua akan lebur dan berganti. Perubahan ini mutlak terjadi karena syahadatain yang mendasari seluruh kehidupan mereka bermula dengan penolakan. Dengan penolakan ideologis ini perubahan tersebut dimulai. Seakan kalimat itu adalah pintu gerbang yang memisahkan dua dunia yang berbeda, dunia jahiliyah dan dunia Islam. Keislaman seseorang tidak sempurna bila tidak terjadi perubahan dalam dirinya. Perubahan yang Islami adalah perubahan yang meliputi seluruh aspek kehidupan. Aspek-aspek yang berubah itu adalah:

1. Aqidah (keyakinan /ideologis)

Perubahan pada aspek inilah yang akan mengawali perubahan demi perubahan pada aspek-aspek yang lain. Mereka berpindah dari paganisme dan kemusyrikan kepada tauhid; dari kufur kepada iman; dari riya’ kepada ikhlas.

2. Ruhani

Karena aqidah berada dalam hati maka hal pertama yang mengalami perubahan setelah perubahan aqidah adalah ruhani. Jiwa yang tadinya sombong berubah menjadi tawadlu; jiwa yang kasar dan keras berubah menjadi lembut; yang egois menjadi peduli; yang bebal menjadi peka; yang gelisah menjadi tenang; yang bakhil menjadi dermawan; dan demikian itulah seterusnya.

– Intelektual
Perubahan intelektual yang dimaksud adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada akal dan fikiran. Termasuk dalam hal ini adalah pola pikir, visi, logika dan kecerdasan. Paham-paham jahiliyah seperti liberalisme, materialisme, sosialisme, paganisme dan isme-isme yang lain ditinggalkan diganti dengan pemahaman Islam.

– Perilaku
Apa yang terlahir dalam bentuk perilaku, tidak lain adalah penampakan lahir dari apa yang ada di dalam hati dan akal. Syahadatain menimbulkan perubahan pada aspek perilaku sehingga orang yang tadinya pengecut akan menjadi pemberani; yang manja menjadi dewasa; yang boros menjadi hemat, dan sebagainya.

– Tsaqafah/kebudayaan
Termasuk aspek budaya adalah peradaban, arsitektur, tradisi, dan pakaian

– Sosial
Aspek-aspek sosial seperti hubungan anak dengan orang tua, hubungan dengan tetangga, hubungan sesama muslim, hubungan perkawinan, kerumahtanggaan, hubungan dengan non muslim, bahkan hubungan sosial dengan dunia internasional pun akan mengalami perubahan sejalan dengan perubahan ideologis.

– Politik
Baik politik dalam negeri menyangkut ketatanegaraan, pola hubungan rakyat dengan pemimpin, hubungan antar lembaga pemerintahan, maupun hubungan luar negeri akan berubah manunggu tatanan dunia yang beradab.

– Ekonomi
Dari sistem ekonomi liberal, kapitalis, sosialis, dan sistem ekonomi jahiliyah lainnya menuju sistem ekonomi syariah.

Perubahan pada aspek-aspek tersebut menyebabkan perubahan pada seluruh gerak masyarakat Islam, baik secara individu maupun kolektif. Semuanya mengarah pada perubahan menuju Islam secara totalitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s